Senin, 18 Mei 2015

Sejarah Motor Honda pada Masa Awal-awal

Soichiro Honda


Berbicara tentang sejarah motor Honda, tentu tidak akan lepas dari tokoh pendirinya, yakni Soichiro Honda. Pria yang satu ini awalnya memiliki perusahaan kecil yang dinamakan dengan Hamamatsu. Tahun 1946, perusahaan ini menghadirkan sebuah sepeda motor yang dibangun dengan rangka sepeda. Sayangnya motor tersebut memiliki mutu yang kurang baik. Setahun kemudian, Soichiro Honda mengeluarkan variasi motor tersebut dengan kekuatan 0,5 tenaga kuda. Motor yang menggunakan turpentine tersebut dikenal sebagai motor A-Type, atau populernya adalah Chimney.
Setahun kemudian, Honda membesut varian lain yang dinamakan B-Type. Dan tahun 1949, Honda menghadirkan produk lain dengan nama D-Type. Tipe inilah yang kemudian membuat perusahaan Hamamatsu berkembang. Tipe ini cukup mendapat perhatian yang bagus dari pasar. Bisa dibilang, Honda melakukan sebuah inovasi yang cukup baik. Namun hal tersebut ternyata baru permulaan, Seichiro Honda mulai membangun perusahaan bernama Honda. Perusahaan ini medapat sokongan dana dari rekannya bernama Takeo Fujikawa. Kedua orang inilah yang kemudian mendirikan Honda pada tahun 1958, sebagai perkembangan dari peruasahaan Hamamatsu.
Perkembangan selanjutnya, Honda menghadirkan produk lanjutan yang dinamakan E-Type. Motor yang satu ini memiliki kecepatan yang sangat baik, yakni 80 km/h. Power dari motor ini pun sangat baik, yakni 5,5 HP. Karena spesifikasi yang bagus ini, produk ini pun terbilang laku keras di pasaran saat itu. Tercatat, produk ini mampu mencatat penjualan hingga 130 unit/hari.
Pada tahun 1952, Honda melakukan pencatatan penjualan yang lebih baik. Lewat produknya yang berupa motor cub dengan engine F-Type dan bertenaga 50cc, motor ini mampu menyita perhatian konsumen. Tak kurang, penjualan motor ini hampir selalu mendekati angka 6500/bulannya. Sebuah prestasi yang tentunya cukup banyak. Hal yang sama juga terjadi setahun kemudian. Saat itu Honda merilis motor dengan nama Benly. Motor dengan 4 stroke dan 90cc sebenarnya penjualannya tidak sebagus motor cub F-Type, tetapi angka 1000/bulan tentu bukanlah catatan penjualan yang kecil.
Dua tahun kemudian, Honda merilis motor yang dinamakan Juno. Motor ini merupakan sebuah skuter yang bentuk dan desainnya terinspirasi dari motor Vespa. Setelah itu, tiga tahun setelahnya atau tahun 1957, Honda mengeluarkan sebuah sepeda motor dengan dua silindris, yakni Honda C70. Motor ini memiliki kemampuan 250cc OHC, 4 stroke. Motor inilah yang dikenal sebagai salah satu motor yang canggih pada saat itu.
Perkembangan sejarah motor Honda kemudian mencatat prestasi yang mengagumkan tiap tahunnya. Tahun 1958 misalnya, tahun tersebut menjadi tahun emasnya Honda. Saat itu, Honda merilis sebuah sepeda motor dengan nama C100 Super Cub. Motor inilah yang dikenal sebagai motor paling sukses dan membuat Honda menjadi sebuah perusahaan yang membesar dan terkenal di dunia. Motor yang satu ini dibuat dengan proses yang cukup lama. Mesinnya memang menggunakan jenis 50cc, OHC, 4 stroke, centrifugal clutch dengan 3 transmisi kecepatan. Tetapi dengan spesifikasi yang terbilang cukup pas tersebut, membuat motor ini tampak lebih nyaman dikendarai dibandingkan motor lainnya. Bahkan, para pemula dan wanita pun banyak yang menggunakan motor yang satu ini.
Tahun 1959, Honda merilis Benly 125cc yang mampu berjalan dengan kecepatan 110 km/h. Pada tahun yang sama, Honda semakin melebarkan sayapnya dengan mengekspansi pasar Amerika. Disnilah kemudian, nama Honda semakin berkibar. Produk-produk dari Honda pun tiap tahunnya selalu menyita perhatian. Contohnya, seri Honda CB yang sampai abad 21 ini masih ada yang mencari dan mengoleksi.


Di era milenium, saat tren sepeda motor semakin menanjak, nama Honda terus berkibar. Perusahaan ini kemudian menjadi salah satu perusahaan otomotif terkemuka di dunia. Banyak prestasi yang kemudian diraih oleh perusahaan ini. Salah satu prestasi yang membanggakan pada era milenium ini adalah saat Honda mampu memproduksi sepeda motor hingga 50 juta unit. Kejadian yang terjadi pada akhir Desember 2005 ini tentunya merupakan sebuah langkah yang fantastis untuk sebuah produk sepeda motor. kutipan dari  "sepedamotorindonesia./" 

Berikut Video tentang 

       Soichiro Honda's Inspirational Story


0 komentar:

Posting Komentar